Festival

LOMBA KREASI DAN SENI ISLAMI

SIRAH5 SMA NEGERI 5 KOTA BOGOR

Sirah5 (350 x 161)

Sirah5 yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Kota Bogor tenyata telah menginjak usia ke 6. Sirah5 diselenggarakan sejak tahun 2005 yang pada saat itu diketuai oleh Sholahudin. Sirah5 sempat tidak aktif selama 3 tahun yaitu dari tahun 2010 hingga 2012. Baru pada hari Sabtu, 23 Februari 2013 Sirah 5 dapat diselenggarakan kembali yaitu diketuai oleh Brian Ilham.

Foto0809

Sirah5 adalah ajang lomba islami yang terdiri dari lomba Tahfidz Qur’an, MTQ, Kaligrafi, Nasyid, hingga Adzan. Selain itu, juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yaitu berupa sunatan masal. Lomba dan bakti sosial seperti itu hingga kini masih dipertahankan dan menjadi ciri khas kegiatan Sirah5.

Slogan lomba Sirah5 awalnya adalah Smanli On Muharram. Namun, dikarenakan kegiatan terkadang tidak tepat di bulan Muharram, maka kegiatan Sirah5 diganti menjadi Smanli On Islamic Art Competation and Tabligh.

Sebelum acara Sirah5 dimulai, terlebih dahulu dilakukan acara sunatan masal yang dihadiri oleh 13 anak usia antara 4 hingga 7 tahun. Mereka disunat oleh 2 orang dokter dari Rumah Sakit Salak Kota Bogor. Panitia Sirah5 dan Kepala sekolah secara pribadi memberikan apresiasi yang sangat tulus kepada anak-anak dan mendo’akannya agar menjadi anak-anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orangtua.

  Foto0813 (200 x 150)  sunatan masal (200 x 133)

                               Tim Dokter                                          Pelaksanaan Sunat

Sirah5 tahun ini diawali dengan Marawis yang dimainkan oleh anak-anak SMA Negeri 5 Kota Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan Nasyid SMA Negeri 5 Kota Bogor yang bernama “Hanif”. Nasyid Hanif merupakan Nasyid terbaik bukan saja di internal SMA Negeri 5 Kota Bogor, juga di luar. Terbukti dengan telah banyaknya penghargaan dari lomba yang diikuti. Terakhir Nasyid Hanif memenangkan Juara 1 Tingkat Jawa Barat.

Foto0821 (200 x 150)

Marawis SMA Negeri 5 Kota Bogor

Sambutan dimulai dari Ketua Panitia, Kepala Sekolah, dan dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Kemenag Kota Bogor. Peserta yang mengikuti lomba Sirah5 sebanyak 112 peserta yang dihadiri dari Sekolah Menengah Pertama dan Atas baik negeri maupun swasta.

Kategori lomba yang diikuti untuk tingkat SMP adalah:

  1. Kaligrafi
  2. MTQ
  3. Hafidz Qur’an

sedangkan untuk Kategori SMA adalah:

  1. Nasyid
  2. MTQ
  3. Adzan

Setelah acara lomba selesai dan sambil menunggu penghitungan nilai untuk para juara, Theater BETA SMA Negeri 5 Kota Bogor menyumbangkan bakatnya di ajang lomba tersebut. Mereka mementaskan drama yang sangat menyentuh, diangkat dari realita kehidupan anak remaja saat ini.

Sebagai bagian dari puncak acara Sirah5, panitia mengundang Ustadz Sambo untuk memberikan siraman rohani kepada seluruh hadirin. Walaupun sempat diselingi dengan hujan yang cukup lebat, ternyata tidak menyusutkan niat untuk mendengarkan wejangan dari sang Ustadz.

Akhirnya, sampailah pada penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para juara 1, 2, dan 3.  Piala bergilir diberikan langsung oleh kepala SMA Negeri 5 Kota Bogor, Drs. Acep Sukirman dan ditutup dengan do’a oleh Drs. Abdurahman sekaligus pembina panitia Sirah5.

Foto0826 (200 x 150)   Foto0830 (200 x 150)

                            Drs. Abdurahman                                   Drs. Acep Sukirman

Semoga di tahun yang akan datang kegiatan seperti ini akan terus dipertahankan demi menumbuhkan kecintaan kita terhadap agama dan rasul-Nya dan membentuk generasi penerus yang Islami dan beriman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s